Selasa, 05 Juni 2012

RPP Larutan Asam dan Basa 2


Satuan Pendidikan    : SMA/MA
Mata Pelajaran         : Kimia
Kelas/ Semester        : XI IPA / 2
Materi                       : Larutan Asam dan Basa
Waktu                      : 1  pertemuan (2 jam x 45)

I.             Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
II.          Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan teori-teori asam-basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitumg pH larutan
III.       Indikator
1.      Menentukan kisaran pH berbagai larutan yang tidak dikenal dengan berbagai indikator melalui percobaan
2.      Menghitung pH larutan asam dan basa
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menentukan kisaran pH berbagai larutan yang tidak dikenal dengan berbagai indikator melalui percobaan
2.      Siswa dapat menghitung pH larutan asam dan basa
V.          Materi Pembelajaran
Trayek Warna dan Perubahan Warna Berbagai Indikator
Indikator
Trayek Perubahan Warna
Perubahan Warna
Metil jingga
Metil Merah
Bromtimol Biru
Kertas Lakmus
Fenolptalein
3,1 – 4,4
4,2 – 6,2
6,0 – 7,6
5,0 – 8,0
8,0 – 9,6
Orange – Kuning
Merah – kuning
Kuning – biru
Merah – biru
Tidak berwarna - merah
Menghitung harga pH suatu larutan dapat dilakukan dengan mengetahui konsentrasi asam/basa larutan tersebut.
Secara umum dapat dirumuskan:
pH = - log [H+]
pOH = - log [OH-]
VII.    Sumber / Alat Bantu
1.      Sumber         : Buku kimia SMA kelas XI karangan Sri Sudiono penerbit intan pariwara hal8-20, LKS
2.      Alat Bantu   : alat – alat praktikum, carta trayek pH
VIII. Metode /Pendekatan
1.      Metode         : Diskusi, tanya jawab,
2.      Pendekatan  : Contextual Teaching and Learning

IX.       Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Tatap Muka
Rincian Kegiatan
Waktu
a.       Pendahuluan
o   Prasyarat : larutan asam dan basa
o   Motivasi : Sabun apakah bersifat asam atau basa?
b.      Kegiatan Inti
Tahap eksplorasi
  • Siswa dibagi kelompok sebelum melakukan percobaan
  • Siswa menyimak penjelasan tentang langkah kerja percobaan
  • Siswa mengumpulkan bahan-bahan dalam kehidupan sehari-hari untuk diukur pHnya
  • Siswa melakukan percobaan memperikarakan kisaran pH
  • Siswa membahas hasil percobaan dalam diskusi kelompok
Tahap elaborasi
  • Siswa mempresentasikan hasil percobaan dan diskusi kelompoknya dengan bimbingan dari guru
c.       Penutup
o   Siswa menyimpulkan hasi percobaan


5’
5’

5’
5’
10’

40’
10’

5’

2.      Tugas terstruktur : Kuis
3.      Tugas tidak terstruktur:
IX.       Penilaian
1.      Prosedur penilaian : Kuis
2.      Instrumen Penilaian:
Ø  Suatu Indikator memberi warna merah pada larutan kapur sirih. Indikator ini akan memberi warna merah juga dalam….
A.    Larutan garam dapur
B.     Larutan cuka
C.     Larutan gula
D.    Air sabun
E.     Air cuka
Ø  Suatu larutan A diuji dengan metal merah akan berubah menjadi kuning, di uji dengan metal jingga akan berwarna kuning, diuji dengan bromtimol biru akan berwarna kuning juga, sedangkan ketika diuji dengan fenolptalein larutan menjadi tak berwarna. pH larutan A sekitar….
A.    6,2
B.     7,0
C.     8,0
D.    8,3
E.     9.0
Ø  Jika pada suhu tertentu harga Kw= 10-13 maka pH larutan 0,004 NH3 adalah ….(Kb NH4OH = 10-5)
A.    4 – log 2
B.     4 + log 2
C.     9 – log 2
D.    9 + log 2
E.     10 + log 2
Ø  Sebanyak 4,9 gram H2SO4 dilarutkan dalam 100 ml air. pH larutan tersebut adalah….
A.          1-log5
B.           1
C.           1 + log 5
D.          2- log 5
E.           2 + log 5
Ø  Diketahui 3,5 gram NH4OH dilarutkan dalam 200 ml air. Jika derajat ionisasi NH4OH adalah 0,01, pH larutan tersebut adalah….
A.    3 – log 5
B.     3 + log 5
C.     11 – log 5
D.    11 + log 5
E.     11,5

3.      Pedoman Penilaian
Masing-masing soal skornya 2
Skor maksimum = 2 x 5 = 10
Nilai maksimum 10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar anda membantu memperbaiki kualitas blog ini.
thanks