Selasa, 05 Juni 2012

RPP Konsentrasi Larutan (Kemolaran)


Satuan Pendidikan : MA/SMA
Mata Pelajaran        : Kimia
Kelas / Semester     : XI IPA/1
Materi                     : Konsentrasi Larutan (Kemolaran)
Waktu                     : 4 x 45 menit
I.             Standar Kompetensi
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya,serta  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
II.          Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan  percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
III.       Indikator
Menghitung konsentrasi larutan
IV.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.      Membuat larutan dengan  molaritas tertentu
2.      Menghitung konsentrasi larutan atau molaritas larutan
V.          Materi Pembelajaran
Konsentrasi larutan (molaritas)
M =
VI.       Sumber / Alat Bantu
1.      Sumber         :   Buku Paket Ilmu Kimia dan Literatur yang lainnya
     LKS
2.      Alat Bantu   :   Alat-alat praktikum
VII.    Metode /Pendekatan
1.      Pendekatan  : Ketrampilan proses
2.      Metode         : Demonstrasi dan diskusi informasi
VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Tatap Muka
Rincian Kegiatan
Waktu
a.      Pendahuluan
-          Prasyarat : pengertian larutan
-          Masalah : mengapa ada larutan yang encer dan pekat ?
b.      Kegiatan Inti
Tahap situasional
o   Siswa  dibagi menjadi beberapa kelompok,setiap kelompok diberi Lks tentang kemolaran dan pembuatan larutan
Tahap eksplorasi
o   Perwakilan tiap kelompok melakukan demonstrasi pembuatan larutan,siswa yang lain mengamati
o   Setelah demonstrasi pembuatan larutan selesai, siswa melaksanakan diskusi kelas sambil menyimpulkan hasil demonstrasi pembuatan larutan
Tahap elaborasi
o   Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan demonstrasinya dengan bimbingan guru
Tahap konfirmasi
o    Guru menyimpulkan teknik pembuatan larutan dan cara menghitung konsentrasi larutan
c.      Penutup
o   Siswa diberikan tugas untuk membuat laporan hasil diskusi
o   Menghitung konsentrasi molaritas beberapa larutan yang diketahui

5’


5’




25’


5’




20’



15’

IX.       Penilaian
1.      Prosedur Penilaian : Kuis
2.      Instrumen :
Indikator : Membuat larutan dengan  molaritas tertentu
Butir Soal:
Uraikan langkah-langkah kerja cara membuat larutan NaOH 1 M sebanyak 500 mL!
Kunci Jawaban:
Langkah-langkah membuat larutan NaOH 1 M sebanyak 500mL:
1)      Hitunglah mol dari larutan tersebut dengan cara:
Mol = M x V = 1 x 0,5 L = 0,5 mol
2)      Hitunglah massa yang akan ditimbang engan cara:
Massa = mol x Mr = 0,5 mol x 40 = 20 gram
3)      Timbanglah NaOH padat sebanyak 20 gram
4)      Larutkan 20 gram NaOH tersebut dengan air sampai volume 500 mL
Indikator: Menghitung konsentrasi larutan atau molaritas larutan
Hitung molaritas larutan yang dibuat dari :
a.    6 gram urea (Mr 60) yang dilarutkan dalam air hingga volume 200 mL.
b.      40 gram NaOH (Mr 40) yang dilarutkan dalam air hingga volume 1500 mL.
Kunci Jawaban:
a.       Mol = = = 0,1 mol
M = = = 0,5 Molar
b.      Mol = = = 1 mol
M = = = 0,67 Molar

3.      Pedoman Penilaian
Skor Nomor 1 = 40, Skor Nomor 2 = 60, Skor maksimum = 100,
Nilai Maksimum = 100

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar anda membantu memperbaiki kualitas blog ini.
thanks